header.jpg

 

Politeknik Jambi mengadakan perjanjian kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi, Kamis 24/11. MoU ditandatangani oleh Ir. Hilda Porawati,M.T. yang bertindak untuk dan atas nama Politeknik Jambi dengan H.M. Zubaidi AR,S.H.,M.Si yang bertindak untuk dan atas nama Balitbangda.

Lingkup dari kerjasama ini adalah dalam bidang pengembangan dan pengkajian inovasi teknologi. Maksud dari kerjasama adalah untuk memenuhi kebutuhan dan/atau memperoleh manfaat saling menguntungkan bagi Politeknik Jambi maupun Balitbangda, papar Hilda Porawati yang juga merupakan Direktur Politeknik Jambi dalam suatu kesempatan.

Politeknik Jambi maupun Balitbangda mempunyai sumber daya yang apabila di sinergikan akan meningkatkan tugas dan fungsi dari masing-masing lembaga. Sinergi yang terjadi tentu saja berdasarkan hak dan kewajiban dengan memperhatikan batas kemampuan serta tidak mengganggu tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Bila hal ini tercapai tentunya akan mendukung pencapaian visi dan misi baik dari sisi Politeknik Jambi maupun Balitbangda, papar Hilda Porawati.

Adapun ruang lingkup dari perjanjian kerjasama ini meliputi penelitian, pengembangan dan inovasi teknologi serta promosi, diseminasi hasil riset dan inovasi teknologi. Untuk itu Politeknik Jambi mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam hal menghasilkan penelitian dan inovasi teknologi sesuai dengan isu-isu strategis yang menunjang pembangunan daerah. Politeknik Jambi juga akan melibatkan Balitbangda sebagai peneliti, narasumber, tenaga ahli dalam penelitian dan pengembangan inovasi teknologi sesuai bidang keahlian. Selanjutnya Politeknik Jambi juga berpartisipasi dalam promosi, diseminasi hasil riset dan inovasi teknologi serta melakukan koordinasi dengan Balitbangda dalam rangka penelitian dan penyusunan kajian/analisis yang terkait dengan pengembangan, penciptaan, perekayasaan inovasi teknologi promosi dan diseminasi hasil penelitian, lanjut Hilda.

Di sisi Balitbangda, mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam hal memfasilitasi kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh Politeknik Jambi serta melibatkan Politeknik Jambi sebagai peneliti, narasumber, tenaga ahli dalam penelitian dan pengembangan inovasi teknologi sesuai bidang keahlian. Selanjutnya Balitbangda akan melibatkan Politeknik Jambi dalam promosi, diseminasi hasil riset dan inovasi teknologi serta kajian/analisis yang terkait dengan pengembangan, penciptaan, perekayasaan inovasi teknologi, promosi dan diseminasi hasil penelitian, demikian Hilda Porawati. (WD).