header1.jpg

Beberapa perguruan tinggi dari China bekerjasama sengan Politeknik Jambi dalam bentuk penandatanganan memorandum of understanding (MOU), Minggu 17 April 2016 lalu di kampus STMIK Bina Insani Bekasi. Dalam MOU yang ditandatangani, kedua belah pihak sepakat untuk membentuk konsorsium yang  meliputi konsorsium business center, care giver (pengasuh lansia) dan industri kreatif.

Darmuji Jais,S.Ag,M.Pd yang mewakili Politeknik Jambi mengatakan bahwa dari ketiga konsorsium tersebut  Politeknik Jambi ikut dalam konsorsium industri kreatif, sementara China Corner dibentuk sebagai jembatan maya dalam transfer ilmu serta teknologi dari perguruan tinggi Tiongkok dan Indonesia.



"Kerjasama ini dilatarbelakangi dengan munculnya Tiongkok sebagai negara terkuat kuat di Asia di samping Jepang dan Korea Selatan khususnya dalam bidang teknologi, investasi serta tenaga ahli," Kerjasama  ini diperlukan bagi Politeknik Jambi dalam memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) serta dalam menghadapi persaingan dengan perguruan tinggi asing yang mulai masuk Indonesia pada 2017,” kata Darmuji Jais.

MOU ditandatangani antara Politeknik Jambi dengan  Southwest University of Science and Tecnology, Leshan Vocational and Technical College, Sichuan Normal University, Xihua University, Leshan Normal University, Miayang Normal University, Sinchuan College of Architectural Teechnology dan Chengdu university  dari Provinsi Sinchuan, Tiongkok dijembatani oleh South East Asia Ministers of Education for Open Learning Center (SEAMOLEC).

Adapun program yang menjadi prioritas adalah berkolaborasi dalam program yang saling menguntungkan berupa pertukaran materi sains, publikasi dan informasi, penelitian dan riset, berkolaborasi dalam pembelajaran berbasis e-learning, menandatangani kesepakatan terpisah dalam mengimplementasikan secara bersama-sama mengembangan program pendidikan dan pemagangan mahasiswa dan dosen serta melaksanakan penelitian, seminar internasional, simposium dan workshop, lanjut Darmuji yang juga merupakan Pembantu Direktur I (PD I) Politeknik Jambi.

Politeknik Jambi merupakan sebuah institusi yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan tridharma sejalan dengan perkembangan pendidikan dikawasan global. Perubahan sebagai keniscayaan sejatinya menjadi budaya peguruan tinggi, karena pengelola sumber daya khususnya dosen, kurikulum, sarana dan prasarana sebaiknya diarahkan pada pengembangan dan peningkatan yang terus menerus sejalan dengan perubahan itu sendiri. Pengelolaan perguruan tinggi pada akhirnya bermuara pada pemberdayaan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan kegiatan tridharma, dalam upaya memperkaya pengelolaan yang mampu memberikan pemberdayaan mahasiswa dan dosen secara maksimal, diperlukan kerjasama dengan pengelola pendidikan luar negeri salah satunya adalah China, demikian Darmuji. (WD)